Thursday, January 13, 2011

KETOPRAK



Sehari dalam seminggu saya usahakan untuk menjadi vegetarian, alias gak makan daging-dagingan, kadang telur masih boleh lah,hehehe.. Nah, untuk menu vegetarian hari ini untuk makan siang saya bikin tempe goreng tepung dan cah sayur batang seledri dan wortel plus kulit tahu. Untuk makan malam saya pilih menu ketoprak. Ini kali pertama saya bikin ketoprak, biasanya waktu di Indonesia sih saya tinggal nyuruh minta beliin di deket rumah, murah meriah cuma lima ribu rupiah dapet banyak dan enak. Ternyata ketoprak ini gampang bikinnya dan rasanya enak, saya aja gak nyangka rasanya bisa seenak ini :D. resep dibawah ini untuk 2 piring ketoprak yaaa…

Bahan :
100 gr kacang tanah, goreng hingga berwarna kecoklatan
Bihun, rendam air panas sampai lembut
Toge, buang ekornya, siram air panas
2 buah tahu putih, potong2 goreng
4 buah ketupat/lontong (saya pake ketupat mini instant, udah diplastikin tinggal direbus 45 menit)
2 siung bawang putih
4 buah cabe rawit merah, rebus
1 sdt asam jawa, seduh dengan air panas
Garam
Gula merah
Kecap manis
Kerupuk
Bawang goreng

Cara:
-         Taruh kacang tanah, cabe rawit, bawang putih,garam dan gula merah diatas ulekan kayu/cobek. Ulek sampai halus.
-         Tambahkan air asam dan air putih secukupnya, aduk rata
-         Masukkan ketupat, toge, bihun dan tahu, aduk sampai tercampur
-         Pindahkan ketoprak ke piring saji, beri kecap manis secukupnya
-         Hidangkan dengan kerupuk dan bawang goreng.


Ketoprak lezat home made siap dinikmati!

No comments:

Post a Comment