Wednesday, January 5, 2011

Californian Sushi Roll ala NdaChi


Sebenernya saya udah lamaaaa banget kepengen bikin sushi sendiri, tapi niat yang kurang kuat ditambah males ditambah ga PeDe, jadinya ketunda tunda terus rencana mo bikin :).
Akhirnya setelah beli bahan-bahan untuk membuat sushi dan beberapa kali lihat tutorial cara membuat sushi di youtube, saya beranikan diri untuk membuat Californian sushi roll ini. Bahan isian sushi yang saya pake agak tidak biasa, karena saya menggunakan salmon dan udang yang sudah saya tumis sebelumnya dengan bawang putih dan kecap asin/soy sauce. Kenapa saya memilih bahan tersebut? Karena saya pikir lebih bergizi aja ketimbang pake isian imitation crab meat atau daging kepiting imitasi. Dan kenapa jg saya tumis? Karena saya ga berani makan seafood atau daging mentah! :D. ada lagi yang berbeda, saya pake perpaduan antara nasi dan beras ketan yang dicampur dengan minyak wijen dan garam setelah matang. Kalo versi aslinya kan pake beras jepang dan dicampur rice vinegar.Pokoknya Californian sushi ini beda deh dengan yang biasa ada di pasaran atau sushi dengan pakem aslinya, tapi lumayan lho rasanya dan yang jelas semua bahan yang saya gunakan insyaAllah halal.

Bahan:
1 cup beras
½ cup beras ketan, rendam selama 2 jam
2 lembar Seaweed/rumput laut
Alpukat potong memanjang
Zuchini/mentimun potong memanjang
100 gr salmon
100 gr udang, kupas kulitnya
3 siung bawang putih
1 sdm kecap asin
2 sdm minyak wijen
Garam secukupnya
3 sdm biji wijen

Cara:
Campur beras dan beras ketan yang sudah direndam, cuci bersih.Masak dengan menggunakan rice cooker. Setelah matang campur nasi dengan minyak wijen dan sedikit garam, aduk rata.
Tumis bawang putih, masukkan salmon dan udang, beri kecap asin. Setelah matang, angkat dan cincang halus.
Siapkan tikar bambu khusus untuk menggulung sushi, lapisi dengan plastik agar tidak lengket. Letakkan rumput laut diatasnya.
Taruh nasi diatas rumput laut, rapihkan sampai semua bidang rumput laut tertutup dengan nasi, cukup tipis saja jangan terlalu tebal.
Susun memanjang zucchini, alpukat dan tumisan salmon dan udang.
Gulung sushi dan padatkan.
Potong-potong sushi, sajikan dengan kecap asin.

Catatan :
Selain membuat Californian sushi roll, saya juga membuat yang versi terbalik atau inside out Californian sushi roll. Caranya sama seperti diatas, hanya saja setelah rumput laut diberi nasi, rumput laut dibalik, jadi posisi nasi sekarang berada di luar. Kemudian beri isisan dan gulung.
Untuk lebih jelasnya lebih baik liat tutorial yang ada di youtube, banyak kok..
Waaah, ternyata bikin Californian sushi gampang banget, ga ribet seperti yang saya bayangkan

2 comments: