Tuesday, February 22, 2011

Soto Mie


Gara-gara di milis Ibu Fatmah posting resep soto mie, saya jadi kabibita (kepengen berat) makan soto mie. Liat-liat resepnya ga terlalu sulit, bahan-bahannya juga ada di kulkas. Oke deh pasang apron, mari kita bertempur bersama alat-alat dapur.
Oiya, soto mie yang saya buat agak sedikit saya modifikasi, iseng aja sih :D.

Bahan:
500 g daging sandung lamur
250 g campuran kikil sapi  (gak pake)
2 liter air
250 g mie basah, siram air panas, tiriskan  (saya pake mie ramen)
100 g bihun basah, rendam sebentar dalam air panas
150 g kol, iris halus
4 buah tomat, iris halus
2 sendok makan minyak untuk menggoreng

Bumbu, haluskan:
8 siung bawang putih
10 buah bawang merah
2 sendok teh garam
6 buah kemiri
1 sendok teh merica butiran
(Bumbu tambahan dari saya: 1 sdm bumbu ayam goreng instant)

Pelengkap:
1 batang daun bawang, iris halus
1 batang daun seledri, iris halus
5 buah risol goreng, iris tipis
2 sendok makan bawang goreng
Emping goreng  (pake kerupuk bawang)
Cuka
garam
Kecap manis
Sambal
air jeruk limau

Cara Membuat:
- Rebus daging sampai empuk.Keluarkan daging iris kecil-kecil. Sisihkan.  (Saat merebus daging saya tambahkan setengah buah bawang bombay, 3 batang seledri dan daun salam)
- Tiriskan kaldu, didihkan kembali.
- Tumis bumbu halus (dan bumbu ayam goreng) hingga harum.Masukkan ke dalam kaldu.


Penyajian: taruh dalam mangkuk saji, mie, bihun,kol, tomat, risoles, daging, kikil atau usus, daun bawang, daun seledri, tomat, kerupuk dan bawang goreng. Tuang kuah kaldu ke dalamnya.
( Saya tambahkan air jeruk lemon, sedikit kecap manis dan sambel ijo)
 
* Rasanya seger-seger seuhah (pedes), enaakkkk bangettt! Top deh emang resep2 dari NCC


No comments:

Post a Comment