Sunday, February 6, 2011

Red Velvet Cake for Hubby





Hari ini sang mantan pacar ber ulang tahun yang ke 33. Saya udah berencana mo buat kue ultah buat suami sejak dua mingguan yang lalu. Kue yang saya pilih kali ini adalah red velvet cake, resepnya saya pake dari  mba ria. Resep ini sudah terkenal banget di milis NCC, dan katanya hasilnya enak, makanya saya penasaran banget pengen nyobain. Satu hal yang membuat saya memilih kue ini adalah karena di cover oleh cream cheese frosting, bukan buttercream.
Resep red velvet cake ini saya baca berulang-ulang kali, hihihihi. Maklum, namanya juga amatiran, takut salah.Kalo dibaca sih agak sedikit ribet ya bikinnya, dan emang bener!!! Dapur saya udah kaya kapal pecah. Mulai dari mixer, blender, panci, dll berserakan dimana-mana. Tapiii, setelah kuenya jadi, semua lelah terbayar liat kuenya yang cantik menurut saya, walaupun masih kurang rapi J.
Saya hanya buat 2/3 dari resep, bisa dilihat utk ukuran resep yang saya pakai yang menggunakan font warna merah. Resep aslinya bisa dibaca disini yaa… Oiya, karena saya langsung panggang dalam satu loyang sekaligus, kue bagian bawahnya udah gosong sementara atasnya belum mateng, padahal suhu oven udah saya turunin jadi 150 celcius. Untuk yang mo coba bikin dengan cara kaya saya, saya sarankan untuk pake suhu rendah, dan loyang taruh di rak tengah (kemarin saya taruhu loyang di rak paling bawah). Untungnya yang gosong cuma sedikit, jadi masih bisa di trim,sisanya alhamdulillah enak dan penampakannya juga masih bagus.
RED VELVET CAKE
Bahan A :
3 1/2 cup = 385 gram all purpose flour (256.6 gr)
1/2 cup = 55 gram, coklat bubuk (36.6 gr)
1 1/2 sdt garam  (1sdt)


Bahan B :
2 cup = 473 cc, minyak goreng  (315cc)
2 1/4 cup = 506 gram, gula pasir/gula halus (300gr castor sugar)
3 btr telur (2butir)
1 1/2 sdt vanili bubuk (1sdt)
pewarna merah secukupnya (gak pake)

Bahan C :
2 bh Bit (± 300 gr)
200 cc air. ( utk bahan C ini saya pake 1 buah bit 200gr, dan 150ml air )


Bahan D :
1 1/4 cup = 295 cc, susu UHT plain (200cc)
2 sdm air lemon atau jeruk nipis (2sdt)

Bahan E :
2 sdt soda kue  (1sdt)
2 1/2 sdt air lemon/jeruk nipis (2sdt)

CHEESE FROSTING :
Bahan :
250 gr cream cheese (170gr)
100 gr butter (70gr)
2 cup = 450 gram, gula bubuk (150gr gula halus)

2 cup = 473 cc, fresh cream cair (315 cc)

Cara membuat:
1. Blender potongan bit dengan air (bahan C) lalu masak dengan api kecil hingga air susut setengahnya. Saring dan ukur 100 cc (utk 2/3 resep saya pakai 67 cc). Sisihkan dan biarkan dingin.
2. Campur susu dan air lemon (bahan D), aduk rata dan sisihkan. Bentuk akhir akan mengental seperti yoghurt. Ini yang namanya BUTTERMILK.
3. Panaskan oven dan siapkan 3 loyang bundar dengan diameter 24 cm, alasi dengan kertas roti dan olesi dengan margarin. (Saya pake loyang bundar diameter 24cm dan dipanggang jadi satu)
4. Campur semua bahan A lalu ayak.
5. Campur lalu kocok gula halus dan minyak sampai rata. Masukkan telur satu per satu (with low speed), kocok hingga rata.
Tambahkan juice bit, pewarna dan vanilli lalu aduk rata.
6. Masukkan campuran terigu ke dalam adonan, mixer (dengan low speed) hingga tercampur rata.
7. Tambahkan buttermilk, aduk rata dengan spatula.
8. Campur bahan E (dibuat dadakan aja ya) lalu masukkan ke dalam adonan, aduk rata.
9. Tuang adonan ke dalam 3 loyang lalu panggang sampai matang. (Me: see step 3)


Cara membuat CHEESE FROSTING :
1. Campur cream cheese, butter dan gula bubuk lalu kocok hingga lembut. Sisihkan.
2. Dalam wadah terpisah, kocok freshcream hingga mengembang (jadi whipcream), lalu masukkan campuran cream cheese, mixer dengan low speed hingga tercampur rata.


 


















Red velvet cake slice.

No comments:

Post a Comment