Friday, December 31, 2010

Ikan Kuah Asam ala Manado


Kemarin waktu mudik ke Indonesia, saya sempat mampir 2x ke restauran Manado di Jakarta namanya Beautika. Dan saya kesengsem berat sama Ikan kuah asamnya, rasanya seger, asem (ya eyalaahh judulnya jg kuah asam), bumbunya ringan.
Berhubung cuaca lg dingin, kayanya enak deh bikin lauk ini buat makan. Akhirnya saya coba googling nyari resepnya, dapetlah resep seperti di bawah ini. Untuk resep aslinya bisa liat disini yaa...

Bahan:
400 g ikan kerapu ( saya pake 3 ekor ikan ekor kuning ukuran sedang)
1/2 sdt garam
jeruk nipis utk melumuri ikan
10 lembar daun jeruk ( saya pake 6lembar daun jeruk, buang tulang daunnya)
1 lembar daun kunyit
2 batang serai, memarkan
10 butir bawang merah,iris tipis ( saya cuma pake 5 butir, bawangnya gede2)
5 buah cabai rawit
2 batang daun bawang
2 buah tomat di belah-belah
1/2 sdt garam
30 lembar daun kemangi ( saya pake dikittt bgt, sengaja diirit bawa dr Indo cuma sdikit)
2 sdm air jeruk ( saya pake lemon)
Cara memasak:1. siangi ikan, potong masing-masing menjadi 2-3 bagian. Lumuri dengan garam dan air jeruk, sisihkan selama 30 menit lebih.
2. Rebus air di atas api sedang, masukan daun jeruk, daun kunyit dan serai. Didihkan. Kemudian kecilkan apinya, masukan bawang merah dan cabai rawit. Tutup panci, didihkan di atas api kecil selama 10 menit.
3. Buka tutup panci, didihkan kembali di atas api besar, masukan ikan, daun bawang, tomat, garam, masak 5 menit.
4. Masukkan daun kemangi dan air jeruk. Masak sebentar, matikan api, hidangkan.

Selamat makan!


No comments:

Post a Comment