Thursday, January 21, 2010

donat kentang



Bikin donat ini sekitar seminggu yang lalu, tapi baru sekarang di posting hihihi, biasa penyakit males kumat!!
Resep seperti biasa saya ambil dari web NCC.
Bikin satu resep, begitu jadi digoreng sebagian, yang sebagian lagi saya simpen di freezer untuk dimakan besok harinya, dan masih enak kok. Semua adonan udah saya bulet2in jadi begitu mo digoreng tinggal keluarin dari freezer, saya defrost di microwave sebentar, bolongin trus goreng deh..
Donat ini favoritnya hubby and Chirou, enak katanya, lembut dan rasanya sederhana (saya cuma  kasih topping gula halus aja)



Donat kentang
sumber: Fatmah Bahalwan
Bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula pasir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin


Cara membuatnya:
Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus, tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan.Diamkan 20 menit, hingga mengembang. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

No comments:

Post a Comment