Tuesday, December 1, 2009

Gepuk ala gue :)

Hari ini bingung mo masak apa, seminggu ini belum belanja, di kulkas cuma ada daging.
Mo masak yang gampang-gampang aja, pas kepikiran gepuknya salah satu 'nyonya' yang cukup terkenal di Bandung.
Seperti biasa, saya kalo masak ga pake ukuran pasti, dan biasanya saya suka pake bawang yang agak banyak biar rasanya lebih manteb.

Ini dia resepnya Gepuk ala gue :



Bahan :
300 gr daging sapi (yg ada di kulkas udah dipotong2 seukuran steak)
1 liter air untuk merebus daging
daun salam 2 lembar
lengkuas satu ruas ibu jari digeprek
setengah sendok teh asam jawa
100 ml santan kental (saya pake kara)
gula merah (kalo ga salah saya pake 2sdm)


Bumbu halus :
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1sdm ketumbar
garam secukupnya

Cara membuat :
1. rebus daging dengan air sampai empuk,kira2 30 menit, kalo punya panci presto lebih cepet,paling cuma 10 menit dah empuk.
2. setelah empuk potong2 daging sesuai selera, trus di pukul2 tapi jangan sampe ancur yaa..
3. tumis bumbu halus, jahe dan daun salam sampai harum, masukkan sisa kaldu rebusan daging, tambahkan santan, gula merah dan asam jawa.
4. aduk rata, kemudian kecilkan apinya, biarkan sampai kuah asat..
5. Goreng daging dengan minyak panas sebentar saja  ( Kalo saya gepuknya ga digoreng lagi, mengurangi kolesterol,hehehe)
6. tata di piring saji, taburi bawang goreng.

Dimakan pake nasi panas plus sambel goreng dan tak lupa kerupuk, mantaabbbb :)

No comments:

Post a Comment